Jumat, 31 Mei 2013

fathimah binti maimun. penyebar islam pertama digresik


Kompleks makam ini terletak di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Leran terletak sekitar 8 kilometer sebelah Barat kota Gresik, sebuah lokasi yang cukup mudah untuk dijangkau. Peninggalan yang sampai saat ini dikenal sebagai kompleks makam Panjang terdiri dari makam-makam, bangunan, dan tembok keliling. Pola halaman pada kompleks makam Leran tersusun ke belakang dengan sisi belakang dianggap paling sakral. Bangunan induk berupa cungkup terbuat dari bahan batu putih merupakan makam tokoh sentral, yaitu Siti Fatimah binti Maimun, berangka tahun 1082 M sebagaimana terpahat dalam batu nisannya. Di dalam cungkup juga terdapat makam tokoh lain yang sampai sekarang masih belum diketahui identitasnya.
Cungkup makam Siti Fatimah binti Maimun ini memiliki nilai arsitektur yang sangat tinggi. Bagian kaki dan badan bangunan dihias dengan pelipit-pelipit persegi dan atap berbentuk limas, dindingnya tebal, dengan ruangan yang sempit. Batu bata putih digunakan sebagai bahan tembok mengelilingi cungkup. Dari sinilah dapat disimpulkan bahwa Siti Fatimah binti Maimun memiliki kedudukan yang penting pada zamannya.
Nisan makamnya dihiasi dengan pahatan kaligrafi bergaya kufi ini selain memberikan petunjuk nama tokoh dan tahun meninggalnya, juga berisi bacaan basmallah, Al Quran Surat Ar Rahman ayat ke-26, Surat Ali Imran ayat ke-185, diakhiri dengan bacaan shadaqallahu wa shadaqa rasulu al Karim. Nampaknya nisan ini ada persamaannya dengan nisan yang ditemukan di Phanrang (Thailand). Seorang pemerhati sejarah purbakala bernama Moquette menyatakan bahwa batu nisan tersebut berasal dari produk yang sama yaitu Cambay, India

Tidak ada komentar:

Posting Komentar